Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Selamat Datang
Selamat datang di website Bidang P2PL DInas Kesehatan Prov Kepri
Visi DInkes Prov Kepri

TANYA JAWAB TENTANG CAMPAK DAN RUBELLA / MR (MEASLES RUBELLA)

TANYA JAWAB TENTANG CAMPAK DAN RUBELLA / MR (MEASLES RUBELLA)

 

Apa yang dimaksud Penyakit Campak dan Rubella, serta bagaimana Penularannya ?

  • Campak dan Rubella merupakan Penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella dan ditularkan melalui batuk dan bersin

 

Apakah berbahaya Penyakit Campak ?

  • Apabila Campak disertai dengan komplikasi Pneumonia, Diare, Meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

 

Apa bahaya penyakit Rubella ?

  • Biasanya Rubella berupa penyakit ringan pada anak, namun apabila menyerang Ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan Abortus (Keguguran), Kematian Janin ataupun kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital (Congenital Rubella Syndrome/CRS) yang meliputi kelainan pada jantung, kerusakan jaringan otak, katarak, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

 

Apa Gejala Penyakit Campak dan Rubella ?

  • Campak ditandai dengan demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai batuk, pilek, dan mata merah (konjungtivitis)
  • Gejala Penyakit Rubella tidak spesifik, bahkan bias tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri persendian. Mirip gejala Flu.

 

Bagaimana agar terlindungi dari Penyakit Campak dan Rubella ?

  • Campak dan Rubella dapat dicegah melalui Imunisasi dengan vaksin MR (Measles dan Rubella)

 

Pentingkah vaksin MR ?

  • Karena dengan pemberian vaksin MR dapat melindungi anak dari kecacatan dan kematian akibat pneumonia, diare, kerusakan otak, ketulian, kebutaan dan penyakit jantung bawaan.

 

Apakah vaksin MR aman ?

  • Vaksin yang digunakan sudah mendapat rekomendasi dari WHO dan izin edar dari Badan POM dan 95% efektif untuk mencegah Penyakit Campak dan Rubella. Vasin MR aman dan telah digunakan oleh lebih dari 141 negara di Dunia

 

Apakah Vaksin Campak tetap ada ?

  • Vaksin Campak makan digantikan dengan kombinasi vaksin Campak dan Rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

 

Siapa saja yang boleh mendapatkan Imunisasi MR ?

  • Vaksin MR pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama Kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2018. Selanjutnya, imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan kelas 1 SD/Sederajat menggantikan Imunisasi Campak.

 

Apakah perbedaan vaksin MR dan MMR ?

  • Vaksin MR bermanfaat untuk mencegah penyakit Campak dan rubella. Sedangkan vaksin MMR bermanfaat untuk mencegah penyakit Campak, Rubella dan Gondongan.

 

Dimana saja bisa kita dapatkan pelayanan Imunisasi MR ?

  • Pada Pos-pos Pelayanan Imunisasi yang telah ditentukan yaitu di Sekolah-sekolah seperti PAUD, TK, SD/MI/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat, Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya.

 

Apakah benar vaksin MR dapat menyebabkan autisme ?

  • Tidak Benar. Sampai saat ini belum ada bukti yang mendukung bahwa imunisasi jenis apapun dapat menyebakan autisme. Kandungan etil merkuri dalam vaksin sangat rendah (1,25 mcg/KgBB/minggu) dan masih dalam batas yang diizinkan oleh WHO (maksimal 159 mcg/kgBB/minggu)

 

Apakah ada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mendukung Imunisasi ?

  • Ada, yaitu fatwa MUI No. 4 tahun 2016 yang menjelaskan Imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah terjadinya suatu penyakitb tertentu. Dalam hal jika seseorang yang tidak diimuniasi akan menyebabkan kematian, penyakit berat, atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, berdasarkan pertimbangan ahli yang kompeten dan dipercaya, maka imunisasi hukumnya wajib.
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech